You are currently viewing Apa itu Genteng Galvalum?

Apa itu Genteng Galvalum?

Atap adalah mahkota dari suatu bangunan, yang memberi kesan pertama dan akan menentukan nilai suatu bangunan. Kini telah tersedia yang namanya genteng galvalum, selain genteng tanah liat yang selama ini dipergunakan secara konvensional. Harga genteng galvalum bisa berbeda tergantung ukuran yang dibutuhkan.

Apa itu Genteng Galvalum

Galvanisasi merupakan proses pemberian lapisan seng pelindung pada besi dan baja yang tujuannya adalah untuk memberi perlindungan dari karat. Istilah tersebut berasal dari nama ilmuwan Italia penemunya, yakni Luigi Galvani. Proses Galvanisasi biasanya dilakukan dengan metode celupan panas, yaitu dengan mencelupkan baja ke dalam seng cair. Genteng galvalum ialah genteng yang terbuat dari bahan campuran aluminium, dan seng, serta silikon. Dengan komposisi yang terdiri atas pelapis galvalum berupa alumunium sekitar 55 persen, dan seng sekitar 43,5 persen, serta silikon sekitar 1,5%. Genteng galvalum sering dipergunakan sebagai atap suatu rumah, atau gudang, atau pabrik, atau bangunan komersial lainnya. 

Nilai Plus Genteng Galvalum

Genteng galvalum memiliki nilai plus dari segi kekuatannya serta daya tahannya terhadap korosi juga tahan terhadap cuaca ekstrem seperti hujan, atau terik panas sinar matahari, serta terpaan angin yang kencang, berbagai cuaca ekstrim. Selain itu, genteng galvalum juga ringan bobotnya. Mudah dipindah-pindahkan, tahan gempa, dan mudah serta cepat pula pemasangannya. Tak mengherankan jika harga genteng galvalum cenderung lebih mahal daripada genteng konvensional.

Cara Hitung Kebutuhan Genteng Galvalum

Guna mengetahui kebutuhannya maka bisa hitung dengan langkah sebagai berikut.

Ukur Luas Atap

Hitung luas atap dengan cara ukur panjang serta lebar atap. Kemudian kalikan ukuran panjang dan lebar atap tersebut guna mendapatkan luas atap dalam satuan persegi, m2.

Tentukan Bentuk Atap

Bentuk atap bisa bervariasi, yakni seperti atap datar, atau atap tunggal, atau atap ganda, atau atap limas, ataupun bentuk khusus yang lainnya.

Hitung Overlap

Overlap ialah bagian genteng yang tumpang tindih dengan genteng sejajar yang ada di bagian atasnya. Jumlah overlap yang diperlukan ditentukan oleh jenis genteng galvalum yang akan digunakan serta posisi kemiringan atapnya. Biasanya, produsen genteng akan memberikan informasi mengenai kebutuhan overlap yang disarankan.

Hitung Jumlah Kebutuhan Genteng Galvalum

Caranya ialah dengan membagi luas atap dengan luas genteng per lembar. Adapun luas genteng per lembar dapat ditemukan pada spesifikasi produk genteng galvalumnya. Lalu tambahkan kebutuhan overlap pada total jumlah genteng yang diperlukan supaya anda bisa tahu total harga genteng galvalum keseluruhan.

Tambahkan Cadangan

Direkomendasikan untuk menambah beberapa genteng cadangan sebagai  persediaan apabila terjadi kerusakan ataupun diperlukan perbaikan di waktu mendatang. 

Itulah beberapa hal mengenai genteng galvalum itu. Bila perlu, dapat berkonsultasi kepada ahlinya guna mendapatkan spesifikasi jenis dan model genteng galvalum yang tepat sesuai dengan kebutuhan serta ketersediaan anggarannya. Juga guna mendapatkan perhitungan yang lebih akurat mengenai total jumlah kebutuhan genteng galvalum yang perlu dibeli.

Leave a Reply