You are currently viewing 5 Alasan Memilih Genteng Metal Berpasir Dibandingkan Genteng Lainnya

5 Alasan Memilih Genteng Metal Berpasir Dibandingkan Genteng Lainnya

Mengapa memilih genteng metal berpasir? Salah satu inovasi di bidang bahan bangunan yang tengah populer akhir-akhir ini adalah genteng metal pasir. Apa sebenarnya genteng metal pasir itu? Genteng metal pasir ialah salah satu jenis genteng berbahan dasar metal yang memiliki tekstur seperti berpasir pada permukaannya.

Jadi, permukaan genteng yang satu ini tidak benar-benar diselimuti oleh pasir, melainkan diberi lapisan buatan dengan tekstur menyerupai pasir. Lapisan paling atas ini biasanya dibuat dari campuran zinc dan aluminium. Sedangkan untuk bahan dasarnya sendiri berupa metal galvalum.

Nah, mengapa genteng yang satu ini cukup banyak diminati khususnya untuk bangunan perumahan? Berikut ini beberapa alasannya.

Kuat dan Anti Pecah

Walaupun secara umum genteng metal dianggap lebih anti pecah dibandingkan dengan genteng tanah liat, tingkat ketahanan genteng metal pasir tetap di atas rata-rata. Selain karena bahan dasarnya yang terbuat dari galvalum, genteng jenis ini juga dilapisi dengan butiran pasir buatan yang terbuat dari campuran seng dan aluminium. Lapisan inilah yang membuat ketahanan dan kekuatannya menjadi lebih baik lagi.

Anti Karat dan Anti Rayap

Walaupun terbuat dari metal, genteng lapis pasir cenderung anti karat. Hal ini tentu saja juga disebabkan oleh lapisan pasir yang ada di permukaan genteng. Lapisan ini mampu untuk melindungi bahan utama genteng dari karat walaupun terkena hujan serta selalu berada di daerah lembab selama bertahun-tahun.

Genteng metal berpasir juga anti rayap karena hal ini memang menjadi sifat alami dari bahan logam. Jadi, jangan khawatir genteng Anda akan digerogoti serangga, jamur, bakteri, serta serangan mikroorganisme lainnya.

Tidak Panas dan Gerah

Salah satu kekurangan yang ada pada genteng metal adalah memberikan efek panas pada ruangan di bawahnya. Hal ini karena secara umum, metal merupakan bahan konduktor yang menyalurkan energi panas dari satu tempat ke tempat lainnya. Sementara itu,  genteng harus menghadapi sinar matahari secara langsung setiap hari.

Genteng metal pasir mampu menyerap panas dari sinar matahari dengan baik. Hal ini menyebabkan suhu ruangan di bawahnya tidak terlalu tinggi. Tentunya, hal ini disebabkan oleh lapisan pasir yang ditambahkan di atas permukaan genteng.

Mampu Meredam Suara

Selain mampu meredam panas, genteng berpasir juga mampu meredam suara dari luar dengan sangat baik. Beberapa kondisi di luar rumah memang membuat suasana di dalamnya menjadi berisik. Contohnya adalah saat hujan deras atau angin kencang. Pada genteng biasa, suara ini bisa bertambah keras terdengar dari dalam. Hal ini tidak terjadi pada genteng metal yang memiliki permukaan berlapis pasir.

Memperindah Eksterior Ruangan

Genteng metal berpasir juga unik sekaligus indah dalam hal tampilan. Ya, permukaan pasir membuat genteng ini memiliki warna matte yang teduh serta tidak menyilaukan mata. Tentunya, genteng ini menjadi pilihan yang tepat jika Anda kurang menyukai kesan glossy pada genteng lain pada umumnya.

Leave a Reply