You are currently viewing Beragam Jenis Insulasi Atap Untuk Meredam Suhu Panas

Beragam Jenis Insulasi Atap Untuk Meredam Suhu Panas

Untuk rumah yang terasa panas terutama pada siang hari, memasang insulasi atap bisa menjadi solusi. Insulasi pada atap akan memantulkan sinar matahari dan menyimpan suhu panasnya di lapisan berongga, sehingga ruangan di bawahnya menjadi lebih sejuk. Atap insulasi tersedia dalam beberapa jenis, berikut penjelasannya.

Aluminium Foil

Insulasi aluminium foil adalah jenis insulasi yang paling banyak dijual dan digunakan. Hal ini karena bahan aluminium foilnya efektif dalam mengurangi suhu panas dengan cara memantulkan panas matahari hingga 97%. Hasilnya, ruangan pun menjadi lebih sejuk dan terjaga kelembabannya. Hadir dalam bentuk lembaran, insulasi aluminium foil cukup mudah untuk dipasang.

Lembaran aluminium foil ini biasanya dikombinasikan dengan bahan lainnya, yaitu glasswool, bubble pack, atau polyethylene sebagai lapisan keduanya.

Bubble Foil

Tersedia dalam bentuk lembaran juga, jenis insulasi ini hampir sama dengan insulasi aluminium foil. Perbedaannya hanya terletak pada permukaannya saja. Bisa ditebak dari namanya, insulasi bubble foil memiliki bubble atau tekstur menonjol berbentuk lingkaran di permukaannya, sama seperti bubble wrap.

Cara kerjanya sama dengan insulasi aluminium foil, yaitu memantulkan cahaya matahari untuk mereduksi suhu panas. Insulasi bubble foil dianggap lebih aman karena tidak mengandung bahan beracun.

Glasswool

Insulasi glasswool terbuat dari serat fiberglass yang diproses membentuk lapisan seperti wool. Jenis insulasi ini lebih banyak digunakan pada studio musik, pabrik, dan gedung perkantoran karena sifatnya yang dapat meredam suara dengan baik. Namun, untuk insulasi mengurangi suhu panas, aluminium foil dan bubble foil lebih direkomendasikan daripada glasswool.

Panel Styrofoam

Walaupun terbuat dari plastik, namun jenis insulasi ini tetap efektif untuk mengurangi suhu panas. Karena butiran plastik yang digunakan dipadatkan terlebih dahulu, kemudian diisi dengan udara. Hadir dengan ketebalan dan ukuran yang beragam, insulasi panel styrofoam mudah untuk dipasang, serta harganya terjangkau.

Itu tadi adalah jenis-jenis insulasi untuk atap. Dalam memilih salah satu jenis insulasi, pertimbangkan beberapa faktor seperti bentuk atap yang akan dipasangi insulasi, luas insulasi atap yang dibutuhkan, juga anggaran yang ada.

Leave a Reply