You are currently viewing Tips Membeli Sepatu Boot Kulit Proyek

Tips Membeli Sepatu Boot Kulit Proyek

Sepatu boot kulit proyek termasuk safety shoes atau sepatu pengaman yang wajib digunakan oleh para pekerja di bidang tertentu. Menjadi wajib karena sepatu ini adalah salah satu Alat Pelindung Diri (APD) yang sudah diatur dalam Kesehatan dan Keamanan Kerja atau K3. Saat memilih safety shoes, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Ukuran Sepatu

Disarankan untuk mencoba langsung sepatu boot proyek dengan mengenakan kaos kaki. Karena ketebalan kaos kaki dapat mempengaruhi ukuran sepatu yang harus dipilih. Selain itu, direkomendasikan juga untuk memilih safety shoes satu ukuran di atas ukuran yang biasa dipakai. Karena ukuran sepatu proyek yang terbaik adalah yang terdapat sedikit celah di ujung kaki.

Dengan begini, cedera kaki dapat diminimalisir saat terjadi benturan karena ujung kaki tidak langsung terbentur.

Perhatikan Bahan Kulit

Tips selanjutnya saat memilih sepatu boot kulit proyek adalah dengan memperhatikan bahan kulit yang digunakan. Ada bahan kulit yang dapat merenggang, yang disarankan untuk dipilih karena lebih nyaman. Namun, ada pula bahan kulit yang keras. Jika ingin memilih bahan kulit keras, pilihlah ukuran yang lebih besar untuk kenyamanan saat bekerja.

Tinggi Sepatu

Safety shoes tersedia dalam berbagai tinggi yang berbeda-beda. Ada yang tingginya pas di mata kaki, ada yang hingga menutup sebagian betis. Disarankan untuk memilih sepatu boot proyek dengan tinggi minimal di atas mata kaki. Namun, pastikan bagian atasnya cukup longgar. Sehingga, kaki masih bisa dengan mudah bergerak, tapi bagian bawah kaki terlindung dengan maksimal.

Berat Sepatu

Selain ukuran dan tinggi sepatu, berat safety shoes juga perlu diperhatikan. Sepatu boot proyek berbahan kulit memang cenderung berat. Namun, pastikan itu tidak terlalu berat saat Anda memakainya. Sehingga, Anda masih bisa dengan nyaman dan leluasa bergerak. Selain itu, safety shoes yang terlalu berat malah berpotensi mengakibatkan cedera.

Pahami Standar Keamanan

Terdapat standar keamanan safety shoes yang harus Anda pahami. Yaitu metatarsal, conductive, electrical hazard, dan static dissipative. Metatarsal contohnya, adalah safety shoes yang dapat memberikan perlindungan dari beban seberat 34 Kg.

Itu tadi adalah beberapa tips dalam membeli sepatu boot kulit proyek.

Leave a Reply