You are currently viewing Cara Merawat Sepatu Boot Kulit Proyek

Cara Merawat Sepatu Boot Kulit Proyek

Sepatu boot kulit proyek termasuk APD atau alat pelindung diri yang wajib untuk mereka yang bekerja di lingkungan beresiko tinggi. Umumnya, safety boots ini memiliki masa pakai selama 1 tahun hingga 1,5 tahun, tergantung pada lama waktu pemakaian hingga perawatannya. Agar awet, ikuti cara-cara merawat safety boots di bawah ini.

Cuci Dengan Deterjen Lembut

Disarankan untuk tidak menggunakan deterjen dengan bahan kimia yang terlalu keras untuk mencuci safety boots. Karena hal ini dapat membuat bahan kulit menjadi cepat rusak, seperti mengelupas dan warna yang memudar. Alih-alih deterjen keras, cuci safety boots dengan deterjen yang bersifat lembut.

Anda tidak perlu terlalu sering mencuci safety boots kulit. Jika sepatu hanya sedikit kotor, Anda bisa menggunakan lap lembab untuk membersihkannya.

Gunakan Pembersih Khusus Bahan Kulit

Jika safety boots berjamur, Anda bisa menggunakan pembersih khusus bahan kulit. Pembersih khusus ini umumnya tersedia dalam bentuk spray atau semprotan. Anda bisa mencari dan membelinya di platform e-commerce. Anda hanya perlu menyemprotkan pembersih khusus tersebut pada area yang berjamur, kemudian sikat dengan menggunakan sikat halus atau sikat gigi bekas.

Jangan Gunakan Safety Boots Saat Basah

Selain tentunya tidak nyaman, menggunakan safety boots dalam keadaan basah akan menyebabkan jamur, serta menyebarkan kuman dan bakteri di dalam sepatu. Hal ini akan membuat sepatu boots menjadi cepat bau. Jika kaki masih basah, keringkan dahulu sebelum mengenakan safety boots. Begitu pula jika safety boots masih dalam kondisi basah, pastikan kering terlebih dulu.

Simpan Safety Boots dengan Benar

Setelah dicuci atau dibersihkan, letakkan sepatu di tempat kering dengan suhu sedang. Disarankan untuk tidak menjemur safety boots kulit di bawah sinar matahari karena dapat membuat bahan kulit retak dan rusak. Warnanya pun akan cepat memudar. Keringkan saja di area terbuka tanpa adanya sinar matahari langsung. Pastikan untuk tidak menyimpan safety boots di tempat yang lembab karena dapat menyebabkan jamur yang merusak tampilan sepatu boot kulit proyek.

Leave a Reply