You are currently viewing Jangan Salah! Simak Perbedaan Kanal U Baja Ringan Dan Kanal C (UNP Dan CNP)

Jangan Salah! Simak Perbedaan Kanal U Baja Ringan Dan Kanal C (UNP Dan CNP)

Terdapat dua jenis baja kanal yaitu kanal U baja ringan atau UNP, dan kanal C atau CNP. Mungkin masih ada sebagian orang yang kesulitan membedakan kedua jenis baja kanal ini, karena keduanya sekilas memiliki nama dan bentuk yang hampir mirip. Tak perlu bingung membedakan besi UNP dan CNP, inilah perbedaannya.

Mengenal Besi UNP dan CNP

Besi UNP sering juga dikenal dengan jenis besi kanal U, U channel, atau profil U. Sesuai namanya, bentuk besi ini menyerupai huruf U. Sementara itu, besi CNP atau kanal C memiliki bentuk yang menyerupai huruf C. Tak jauh beda dengan besi UNP, besi CNP ini juga tergolong kuat dan kokoh, serta anti rayap. 

Perbedaan Utama Besi UNP dan CNP

Pada poin di atas tadi anda telah mengetahui gambaran umum tentang besi UNP dan CNP, kemudian selanjutnya terdapat 3 poin perbedaan utama kedua besi tersebut. Yaitu dari segi bentuk, ukuran, dan fungsinya.

Perbedaan kanal C dan kanal U dari segi bentuknya adalah jika besi UNP bentuknya mirip seperti huruf U, sedangkan besi CNP bentuknya mirip seperti huruf C. Besi CNP hampir mirip seperti pipa kotak atau hollow, akan tetapi bagian atasnya sedikit terbuka.

Jika dilihat dari segi ukuran, besi UNP atau kanal U baja ringan telah mempunyai dimensi dan ketebalan yang fix/tetap. Sedangkan besi CNP, ukuran ketebalannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Dari segi fungsi, UNP memiliki fungsi antara lain yaitu sebagai penutup dudukan atap, rangka komponen konstruksi, memperkuat saluran air, menopang jembatan kecil, dan lain-lain. Sedangkan besi CNP seringkali digunakan untuk pembuatan tiang, gording atap, rangka atap bangunan, pagar dan lain-lain.

Dari penjelasan di atas tersebut, anda telah mengetahui bahwa ternyata meskipun besi UNP dan CNP sekilas tampak mirip, keduanya memiliki perbedaan dan itulah tadi perbedaannya. Sekarang tak perlu kebingungan lagi membedakan antara jenis kanal U baja ringan atau besi UNP dan kanal C atau besi CNP.

Leave a Reply