You are currently viewing Mengenal Definisi dan Fungsi Besi Hollow dalam Konstruksi Bangunan

Mengenal Definisi dan Fungsi Besi Hollow dalam Konstruksi Bangunan

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwa penggunaan besi jual hollow kini telah menjadi pilihan produk alternatif bagi para pekerja konstruksi. Dibandingkan dengan kayu, jenis besi ini dinilai lebih kuat dan aman digunakan dalam konstruksi bangunan. Bagi Anda yang belum terlalu mengenal jenis besi ini, bisa simak penjelasannya di artikel berikut. 

Sekilas definisi tentang besi jenis hollow

Secara umum, besi jenis hollow merupakan salah satu jenis besi yang memiliki bentuk yang berongga, sehingga tidak mengherankan jika penggunaan besi jenis ini memiliki banyak kesesuaian jika digunakan untuk berbagai jenis konstruksi bangunan. Jika dilihat secara lebih detail, besi jenis hollow ini memiliki bentuk yang hampir mirip seperti penampang pipa panjang dengan rongga berbentuk segi empat. Karena itulah, tidak heran jika banyak sekali orang yang menyebut jenis besi ini sebagai pipa kotak.

Apa saja fungsi penggunaan besi hollow?

Jika tadi kita sudah mengenal sedikit mengenai besi jenis hollow ini, maka selanjutnya Anda perlu mengetahui beberapa fungsi / kegunaan dari besi tersebut. Dalam bidang konstruksi bangunan, jenis besi ini umumnya sering kali digunakan dalam beberapa penggunaan di antaranya yakni sebagai berikut. 

  1. Bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan rangka plafon dan railing

Salah satu fungsi / kegunaan dari penggunaan besi jenis hollow yang perlu Anda ketahui disini, yakni sering kali digunakan sebagai bahan pembuatan rangka plafon maupun railing. Pengaplikasian besi jenis hollow satu ini, tentu saja bukan tanpa alasan dilakukan. Sebab dikatakan disini, bahwa besi jenis hollow ini memiliki penampang yang memang terbilang sangat cocok jika diaplikasikan pada kedua rangka tersebut dalam konstruksi bangunan. 

  1. Sebagai pagar rumah

Tidak hanya dijadikan sebagai bahan pembuatan rangka plafon dan railing saja, penggunaan besi jenis hollow juga sering digunakan sebagai pagar rumah. Terlebih di zaman seperti sekarang ini, pembuatan pagar rumah dari kayu memang dikatakan sudah terbilang ketinggalan zaman, meskipun dari hasilnya sendiri terlihat jauh lebih estetik. Akan tetapi demi menunjang keamanan dan keawetan penggunaan, besi jenis hollow ini kini banyak digunakan dalam pembuatan pagar rumah. 

  1. Cocok untuk furniture industrial

Anda perlu tahu, bahwa besi jenis hollow umumnya memiliki warna yang terlihat hitam keabu – abuan, sehingga sangat cocok dijadikan dalam penerapan furniture dengan konsep industrial yang sedang tren akhir – akhir ini. Dengan warna yang terlihat minimalis tersebut, menjadikan penggunaan besi jenis hollow ini mampu memberikan kesan produk yang jauh lebih elegan. Bahkan dalam penggunaannya, besi jenis hollow ini sering kali dikombinasikan dengan besi siku untuk hasil yang lebih bagus. 

Dari informasi mengenai definisi dan juga fungsi yang ditawarkan di dalamnya, tentunya Anda sudah tidak penasaran lagi mengenai besi hollow yang banyak diterapkan dalam bidang konstruksi bangunan, bukan?

Leave a Reply