You are currently viewing 5 Komponen Desain Distributor Sepatu Safety

5 Komponen Desain Distributor Sepatu Safety

Ditemukan sejak ratusan tahun lalu, sepatu safety telah melindungi kaki jutaan pekerja dari industri berat setiap kali bekerja di lapang. Sepatu tersebut tentunya memiliki rancangan khusus yang menyesuaikan lingkungan kerja, lantas apa saja struktur desain sepatu yang biasa tersedia di distributor sepatu safety ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Komponen Desain Sepatu Safety

  • Toe cap

Merupakan bagian terpenting dari sepatu safety, komponen ini harus melindungi area jari kaki ketika benda keras dan berat jatuh tepat di atasnya. Meski seringkali disebut steel toe cap yang terdapat baja di dalamnya, namun bagian toe cap juga bisa diproduksi dari bahan plastik TPU atau bahkan aluminium.

Mengingat seluruh boots diperlukan untuk kebutuhan yang berbeda, tetapi syarat minimum dari bagian toe cap bisa bervariasi antar bootnya. Terlepas hal tersebut dan material pembuatannya, toe cap setidaknya harus punya tingkat ketahanan minimal 100 joules dalam sekali tes.

  • Bagian atas

Diproduksi dari satu atau kombinasi beberapa material. Sepatu ini memiliki permukaan yang halus dari kulit sapi, ada juga sepatu lainnya berbahan kain atau sintetis seperti mikro-velour yang lebih “bernafas” sehingga tetap nyaman dikenakan di kondisi panas, sementara kulit menawarkan keuntungan segi keamanan dari benda berbahaya.

  • Pelapis

Lining atau pelapis yang langsung kontak dengan kaki wajib diproduksi dari bahan yang mudah menyerap dan mengering secara cepat, dan porinya besar. Kebanyakan pelapis memanfaatkan material katun, wol, kulit, atau kain thermoregulation. Kulit asli lebih kuat dan tahan lama, anti air, makin lama makin lembut dan mengikuti bentuk kaki. Sementara wol memberi kehangatan, mudah menyerap dan mengeringnya, kemudian material sintetis lebih ringan dan berpori besar.

  • Sol dalam

Terbuat dari kulit atau material non-anyaman seperti wol, bagian ini tahan lama, menyerap lembab dan cepat kering, dna biasanya dijahit bersama dengan bagian atas sepatu.

  • Sol luar

Bagian sol terluar umumnya diproduksi dari polyurethane, karet, atau TPU yang punya karakteristik berbeda tergantung cuaca lingkungan dan fiturnya.

Kesimpulan

Tiap sepatu safety dirancang khusus dengan mempertimbangkan faktor lingkungan serta kenyamanan penggunanya, untuk dapatkan sepatu sesuai kebutuhan anda segera hubungi distributor sepatu safety terdekat!

Leave a Reply