You are currently viewing 3 Tips Memakai Pipa Sch 40 Dengan Baik Dan Benar

3 Tips Memakai Pipa Sch 40 Dengan Baik Dan Benar

Pipa sch 40 ini adalah kepanjangan dari schedule 40. Pipa ini mempunyai spesifikasi mendetail yang mana angka tersebut menunjukan ukuran teknis. Angka itu menunjukan ketebalan bahan yang biasanya mencapai rasio 40 bar. Pipa ini biasanya digunakan untuk berbagai sektor di dunia industri karena fungsinya untuk mengalirkan cairan.  Bila Anda tertarik untuk membeli pipa ini, maka Anda bisa memanfaatkan pipa ini dengan baik dan benar. 

  1. Mengetahui Jenis Pipa Yang Digunakan

Langkah pertama untuk menggunakan pipa sch 40 ini adalah dengan mengetahui jenis pipa itu sendiri. Ternyata ada dua jenis pipa sch 40 di pasaran yaitu seamless dan welded. Kedua jenis itu bisa dipilih berdasarkan kebutuhan masing-masing. Misalnya bila Anda tak begitu membutuhkan pipa dengan proses hantaran panas yang banyak, maka Anda bisa memilih pipa sch 40 welded. Bahan ini jauh lebih ekonomis dan menghemat budget. 

Sementara itu, bila Anda memerlukan pipa yang digunakan untuk bersinggungan dengan bahan panas, maka Anda harus memilih pipa sch 40 seamless. Bahan ini jauh lebih kuat, tebal, dan tahan panas. Tentu saja konsekuensinya adalah harganya jauh lebih mahal dibandingkan jenis welded. 

  1. Memperhatikan Sambungan Pipa

Tak hanya itu saja, Anda juga harus memperhatikan sambungan pipanya. Bahan dasar utama dari pipa sch 40 adalah baja. Namun, untuk bagian sambungannya, Anda memerlukan bahan lebih lentur. Proses pemasangan pipa ini juga harus pas dan sesuai agar bisa tahan lama. Anda bisa memakai las, kunci, ataupun lem untuk memasang sambungannya. Anda bisa memilih bahan sambungan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Beberapa industri terkadang hanya membutuhkan sambungan pipa dengan di lem saja. Terkadang pemakaian lem untuk sambungan ini juga bisa lebih awet dan tahan lama. 

  1. Menguji Coba Pipa Sch 40

Langkah terakhir dalam pemakaian pipa sch 40 adalah dengan mengukur tekanan pipa itu sendiri. Pengukuran ini dilakukan setelah proses pemasangan selesai.Hal ini digunakan untuk melihat apakah hasil pekerjaan sudah baik atau tidak. Bila terjadi kebocoran pada pipa sedikit saja, maka harus dilakukan pemasangan ulang dan dievaluasi. Namun, hal ini harus dihindari dengan melakukan pemasangan yang benar. 

Anda bisa mencoba melakukan beberapa percobaan dengan metode berbeda untuk memastikan bahwa pemasangan pipa ini sudah benar. Biasanya konstruktor akan memasang pipa ini dengan sangat kuat untuk kebutuhan industri. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan kejadian yang tak diinginkan. Pemasangan pipa ini dilakukan sekuat mungkin dan dilakukan oleh ahli yang kompeten di bidangnya. 

Pembelian pipa sch 40 ini bisa dilakukan secara online dan offline di tempat terpercaya. Anda bisa menyesuaikan metode pembelian sesuai dengan kebutuhan. 

Leave a Reply