You are currently viewing Mau Kuliah Full Online S1? Jawab Dulu Pertanyaan Berikut Untuk Ketahui Kesiapan Anda!

Mau Kuliah Full Online S1? Jawab Dulu Pertanyaan Berikut Untuk Ketahui Kesiapan Anda!

Banyak universitas sekarang sediakan jalur kuliah full online S1. Walaupun terlihat mudah dan efisien dari segi waktu, ambil jalur pendidikan ini belum tentu cocok untuk semua orang. Untuk pastikan Anda cocok atau tidak, jawab dulu pertanyaan berikut ini!

Apakah Anda Memiliki Tingkat Disiplin yang Tinggi?

Banyak orang gagal kuliah online karena tidak mampu menjaga disiplin diri. Banyak orang membayangkan kuliah online semudah kuliah kelas offline pada umumnya.

Selama mendengarkan di kelas dan mengerjakan tugas, rata-rata orang dapat lulus kuliah kelas offline. Namun, hal ini berbeda dalam situasi online. Banyak tugas dan kewajiban dibebankan ke mahasiswa tanpa perintah dosen.

Jika tidak dapat mengatur waktu belajar, kerjakan tugas dan juga untuk diskusi di forum kuliah online, Anda dengan mudah tertinggal dalam kelas. Mahasiswa yang online memang memiliki kebebasan lebih, tapi bagi yang tidak mampu atur waktu sendiri, hal ini dapat menjadi bencana tersendiri.

Bagaimana Kondisi Anda Belajar Tanpa Interaksi Langsung?

Banyak orang membayangkan kuliah tanpa interaksi langsung orang lain sama saja dengan kelas. Hal ini sangat berbeda efeknya pada tiap individu.

Beberapa individu menunjukan penurunan konsentrasi saat dengarkan sesi pembelajaran lewat zoom. Padahal jika mendengarkan penjelasan profesor di kelas, masih baik tingkat konsentrasinya.

Banyak orang sudah terbiasa belajar di kelas. Hal ini dapat dilihat dari struktur pendidikan SD, SMP dan SMA. Jadi, tidak aneh jika saat terjun ke model kuliah online, banyak orang tidak cocok.

Akibat alasan ini, coba cek dulu kesiapan Anda untuk belajar tanpa interaksi langsung ini sebelum daftar kuliah full online S1.

Apakah Anda Tipe Belajar yang Aktif Atau Pasif?

Kuliah online butuh tingkat aktif yang lebih banyak dibandingkan kuliah dalam kelas offline. Aktif di sini termasuk dalam partisipasi di dalam group kuliah online, interaksi dengan dosen dan juga belajar mandiri.

Jika Anda adalah orang yang lebih mudah belajar pasif, mendengarkan dan mengikuti perintah dari dosen, Anda akan lebih cocok kuliah dalam kelas offline.

Pernahkan Anda Sukses Belajar Skill Tertentu Secara Mandiri?

Bagi yang pernah belajar skill seperti teknik menulis SEO, editing video, membuat gambar digital sampai coding aplikasi, proses belajar kuliah secara online akan mirip. Anda akan lebih banyak meluangkan waktu membaca sumber material belajar dan coba sendiri apa yang diajarkan.

Dosen hanya memberi arahan saat zoom kelas dan sisanya, proses belajar ada di tangan Anda. Bagi yang belum pernah sukses belajar skill sendiri, Anda akan lebih sulit menghadapi situasi belajar kuliah online.

Orang yang belum mampu belajar sendiri untuk kebutuhan skill, bisa jadi mudah hilang motivasi belajar. Jika ini terjadi saat kuliah, risiko tidak lulus akan lebih besar terjadi.

Jika mampu menjawab pertanyaan di atas dan menemukan banyak jawaban positif, Anda sudah siap kuliah full online S1. Namun, bagi yang merasa banyak jawaban negatif, pastikan pertimbangkan lebih baik lagi. Jangan sampai proses kuliah sulit hanya karena Anda tidak cocok dengan metode belajar full online.

Leave a Reply