You are currently viewing Apa Itu Vacuum Pack Machine

Apa Itu Vacuum Pack Machine

Zaman sekarang ini telah tercipta beragama mesin alat bantu kerja manusia. Salah satunya ada yang namanya vacuum pack machine. Berikut penjelasannya. 

Fungsi dan Cara Kerja Alat Vakum

Fungsi serta cara kerja alat ini pada dasarnya adalah menyedot udara guna menciptakan ruang kedap udara pada bagian dalam kemasan plastik vakum. Sehingga produk barang yang terdapat di bagian dalam alat vakum tersebut bisa terlindung dari berbagai debu dan kotoran juga basah air serta cemaran lain karena terbungkus plastik dengan erat dan lekat. Juga bisa menjadi lebih ringkas dan awet sebab sebagian besar udaranya telah dikeluarkan. Untuk selanjutnya produk barang tersebut bisa disimpan baik di ruangan udara terbuka maupun dimasukkan ke dalam mesin pendingin atau freezer. Jika produk barangnya berupa aneka bahan makanan. Dalam hal ini seperti aneka jenis daging atau ikan dan lain sebagainya. Bisa juga digunakan untuk menjaga keawetan beras, gandum, mie serta berbagai biji-bijian. Lalu dapat pula digunakan untuk membuat pakaian seperti jaket dan sweater dan selimut menjadi susut dan lebih ringkas dengan dihilangkan sebagai besar udaranya. Dengan begitu bisa menjadi lebih hemat tempat.

Aneka Jenis Alat Vakum

Terdapat beberapa variasi jenis mesin vacuum pack seperti berikut ini.

Chamber Vacuum Sealer

Mesin vakum ini memiliki ruang tertutup di bagian dalamnya. Sehingga produk atau barang dan kantung plastik bisa ditempatkan pada ruangan tersebut. Lalu udara yang di dalam ruang disedot juga udara yang ada di bagian dalam plastik kemasan disedot hingga menjadi vakum.

External Vacuum Sealer

Mesin vakum ini lebih sederhana serta lebih sering digunakan untuk penggunaan rumah tangga. Produk barang yang akan divakum ditempatkan di dalam kantung plastik. Lalu mesin menarik udara dari kantung kemasan plastiknya sebelum disegel.

Vacuum Sealer with Gas Flush

Mesin vakum ini cara kerjanya mirip dengan eksternal vacuum sealer, namun dilengkap8 dengan kemampuan untuk memasukkan gas inert ke dalam kantung sebelum disegel. Sehingga bisa membantu lebih memperpanjang umur simpan produk barang yang divakum.

Continuous Vacuum Sealer

Mesin vakum ini cocok untuk produksi massal dan memungkinkan pengemasan secara berkelanjutan tanpa perlu menghentikan proses kerja mesin vakumnya untuk setiap kantongnya.

Double Chamber Vacuum Sealer

Mesin vakum jenis ini memungkinkan proses pengemasan vakum di dua ruang secara sekaligus. Hal ini akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Harga alat vakum serta kapasitasnya beragam. Pilihan mesin vacuum pack tergantung pada kebutuhan serta skala operasi penggunanya.

Leave a Reply