You are currently viewing 9 Tips Print Buku Murah

9 Tips Print Buku Murah

Di tengah jaman digital seperti sekarang ini, print buku murah atau cetak buku secara fisik masih tetap diperlukan. Sekalipun telah ada e book. Namun posisi buku fisik tak bisa serta merta tergantikan. Antara lain karena ada orang tertentu yang lebih suka membaca buku fisik, juga sebagai bukti untuk profesi tertentu, seperti dosen yang wajib menulis buku. Sebab adanya tanda bukti cetak buku fisik yakni nomor ISBN (International Standard Book Number) yang memuat informasi tentang penerbit, dan pencetakan, serta tahun terbit. Nomor ISBN ini merupakan kode unik tanda identifikasi global untuk setiap buku yang diterbitkan, guna membantu melacak serta mengelolanya. Nah untuk bisa print buku murah, maka perhatikan beberapa hal berikut ini. 

Metode Cetak yang Tepat

Cetak offset bisa lebih murah untuk jumlah yang besar daripada cetak digital.

Cetak dalam Jumlah yang Banyak

Biasanya, makin banyak buku yang dicetak, maka akan makin rendah biaya cetak per bukunya. Namun sesuaikan dengan kebutuhan dan syarat cetak minimal.

Gunakan Kertas yang Ekonomis

Pilih jenis kertas yang sesuai dengan anggaran, dan usahakan memilih bobot kertas yang ringan namun cukup tebalnya. Tidak terlalu tipis.

Ukuran Buku yang Tepat

Pilih ukuran standar yang ekonomis, dan hindari berbagai biaya tambahan. Ukuran buku bisa banyak mempengaruhi besaran biaya cetak.

Warna Cetak Hitam Putih

Apabila memang tidak memerlukan halaman dengan cetakan berwarna penuh, maka sebaiknya pilih cetak hitam putih guna menghemat biaya.

Desain yang Efisien

Desain buku biasanya gratis. Usahakan agar efisien dalam mendesain buku yang hendak dicetak. Dengan mengoptimalkan penggunaan halaman dan kertas juga tinta. Hindari desain yang membuang-buang ruang dan menggunakan terlalu banyak warna.

Perhatikan Finishing 

Hindari finishing yang mahal seperti laminasi atau embossing jika tak diperlukan. Finishing sederhana seperti laminasi matte atau UV coating bisa memberikan perlindungan tambahan tanpa memerlukan biaya yang terlalu tinggi. Juga dengan penjilidannya. Pilih yang standar dan ekonomis.

Cari Penawaran Harga yang Murah dan Diskon

Perbandingkan tiap penawaran jasa cetak yang ada, selain cari harga yang termurah juga selalu cari promo khusus atau diskon juga cashback. Biasanya akan ada harga khusus untuk pesan cetak dalam jumlah yang besar dan bagi pelanggan yang pesan cetak ulang atau kembali memesan print buku murah buku di tempat yang sama.

Perhatikan Bentuk Penawaran yang Lain

Selain itu perhatikan juga mengenai garansi. Terutama jika ada salah cetak atau cacat produksi dalam bentuk yang lain. Juga jika hasil cetak terlambat serta jika ada kerusakan selama proses pengiriman.

Pertimbangkan beberapa tips di atas, agar  dapat mencetak buku secara ekonomis tanpa mengorbankan kualitas hasil cetakannya.

Leave a Reply